Lompat ke isi utama
Pencuri Sapi

Polsek Sungkai Selatan Ringkus Pelaku Spesialis Pencuri Sapi

Lampung Utara. Dua ekor sapi jantan dan betina milik Soeyono (66) warga Desa Sukamaju Kecamatan Bungamayang Kabupaten Lampung Utara, yang sebelumnya diketahui raib dicuri orang tidak bertanggungjawab, akhirnya ditemukan masih dalam keadaan hidup.

 

Kedua ekor sapi tersebut ditemukan berada di rumah pelaku dari hasil ungkap Unit Reskrim Polsek Sungkai Selatan bersama Pospol Bungamayang Polres Lampung Utara, pada Senin, (19/11), sekira pukul 21.00 WIB, dengan mengamankan Ari Bowo, (30), warga Desa Tulang Bawang Baru, Kec. Bungamayang.

 

Peristiwa hilangnya dua ekor sapi milik korban diketahui terjadi pada Selasa, (17/7), sekira pukul 03.00 WIB. Ketika itu, korban yang terbangun dari tidurnya menuju ke belakang rumah. Saat itulah, dirinya melihat sapi peliharaannya sebanyak dua ekor telah hilang dari kandang.

 

Dengan seketika, korban pun langsung memberitahu para tetangganya perihal hilangnya kedua ekor sapi miliknya. Lalu, dengan dibantu warga sekitar, korban berkeliling desa untuk mencari sapinya tersebut. Upaya pencariannya di hari itu gagal tanpa ada titik terang.

 

Mendapati hal tersebut, dirinya pun memberikan pengaduan ke Polsek Sungkai Selatan. Usai mendapatkan laporan pengaduan dari korban, jajaran Unit Reskrim Polsek Sungkai Selatan melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dan sejumlah alat bukti. Dari hasil olah TKP, pihak kepolisian menemukan bukti kuat terkait pelaku pencurian yang menghilangkan dua ekor sapi milik korban dari kandangnya, melibatkan Pelaku Ari Bowo.

 

Sementara itu, Kapolres Lampung Utara AKBP. Budiman Sulaksono, S.I.K diwakili Kapolsek Sungkai Selatan, AKP Yaya Karyadi, menerangkan, selain melakukan aksi pencurian dua ekor sapi, Pelaku Ari Bowo merupakan pelaku spesialis curat yang kerap beraksi di sejumlah wilayah kecamatan setempat.

 

Dirinya ditangkap Unit Reskrim Polsek Sungkai Selatan bersama Pospol Bungamayang dengan dasar laporan polisi bernomor LP/B- 55/ VII/ 2018/PLD LPG/ RES LU/ SEK SK SEL, tanggal 18 Juli 2018. "Unit Reskrim Polsek Sungkai Selatan bersama Pospol Bungamayang menangkap pelaku pencurian dua ekor sapi yang saat ditangkap sedang berada di rumahnya," ujar Kapolsek, saat dikonfirmasi, Rabu, (21/11).

 

Dijelaskannya, sebelumnya, pihak Unit Reskrim Polsek Sungkai Selatan mendapat informasi tentang keberadaan pelaku. "Usai mengetahui keberadaan pelaku, anggota langsung melakukan penangkapan," jelasnya.

 

Saat menjalani pemeriksaan, selain melakukan pencurian dua ekor sapi dimaksud, pelaku juga mengakui telah melakukan aksi curanmor pada 13 Agustus 2018, dengan membawa kabur satu unit sepeda motor Jupiter Z bernomor polisi BE 4853 JW. “Menurut pengakuan Ari Bowo, dalam aksi curanmor pada 13 Agustus lalu, dirinya melancarkan aksi curanmor dengan dibantu dua rekannya bernama Paturi dan Putut,” kata Yaya Karyadi.

 

Selain itu, pelaku juga mengakui telah melakukan aksi serupa pada 18 November 2018, bersama rekannya, Paturi, yang berhasil membawa kabur satu unit sepeda motor Honda Supra warna hitam Nopol B 5085 JO. "Saat ini, Pelaku Ari Bowo berikut barang bukti berupa dua ekor sapi jantan dan betina berwarna coklat telah diamankan di Polsek Sungkai Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut," terang Kapolsek Sungkai Selatan.(*)

Berita Polisi Terpopular

promoterm